Kisah Jalan Tertinggi di Dunia Khardung La

Jakarta, wk, Jalan Khardung La adalah jalan yang berfungsi sebagai pintu gerbang ke Shyok dan Lembah Nubra di Ladakh ini berada pada ketinggian 17.582 kaki atau 5600 M. Guinness World Records dan National Geographic mengakui Khardung La sebagai jalan tertinggi di dunia. 

Oleh karena itu walaupun pernah ke Himalaya, rasanya belum lengkap kalau kita belum  sampai di Khardung La. Saya pernah ke Nepal dengan jalanan yang lebih extreme yakni ke Himalaya dengan arah ke Annapurna, badai salju, jalanan becek dan licin, turunan curam jalanan batu  bahkan hingga ban kempes 12 kali sudah kami alami namun ketinggian yang hanya 4.200 M belum menjadi yang tertinggi dan tidak tercatat dalam Guinness book of World Record. Kamipun tidak mengalami AMS (Accute Mountain Sickness) karena berada di ketinggian hanya tidak lebih dari 1 jam, berbeda dengan tujuan Khardung La, kalau kita berangkat dari Manali maka kita akan 3 kali mendaki dan menurun, dan kesemuanya berada di ketinggian  kurang lebih 5000 M mulai dari  Baralacha Pass 4.890 M, Taglang La,  5.328 M,  dan Khardung La 5.600 M . Jangan anda anggap remeh ketinggian ini. Tanggal 09 Oktober 2017 Lalu Ahmad Hedi mendaki ke ketinggian 4800 M ke Cartenz atau gunung tertinggi di Indonesia dan meninggal dunia padahal ketinggian hanya 4.800M. AMS atau Hypoksia ini akan mengintai anda bila anda tubuhnya tdak sehat dan mempunyai masalah dengan tekanan darah tinggi dan asma. Banyak catatan sejarah orang yang mati sia sia karena mengabaikan hal ini   oleh karena itu perhatikan baik baik bagi mereka yang akan kesana. 

Keputusan menginap di dataran rendah adalah putusan yang bijak. Oleh karena itu merencanakan rute perjalanan dengan baik adalah sangat penting. Jangan anda memaksanakan tidur di ketinggian, anda akan merasakan dada anda tindih oleh es balok. Bahkan anda akan terbangun dari tidur setiap satu jam dan saya sudah merasakannya.

Cerita lengkap ada dilink berikut ini sedangkan  Video lengkap saya share disini tidak bermaksud apa apa, hanya berbagi pengalaman, cerita kehidupan.  Dalam keadaan seperti ini  kekeluargaan menjadi lebih dekat, saling dukung, saling memberikan semangat dan menemuan arti kehidupan yang seshungguhnya. Bukan bermaksud heroik tetapi perjalanan kesana tidak semudah yang dibayangkan. Hal ini terutama karena masalah ketinggian yang menjadi handicapnya.

Nah anda ingin kesana, yang jelas jangan punya asma dan darah tinggi,  Saya siap mengantarkan anda kesana.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About admin 66 Articles
Saya suka motor dan mobil udah gitu aja