Mengendarai Motor Besar dan Pahami Karakternya

Sharing is caring! Thanks my friends

Memiliki motor motor gede adalah impian lelaki jantan. Tentunya dengan mengendarai motor gede, bisa menyalurkan andrenalin, namun dengan tetap safe nyaman , kencang dan enak di kemudikan. Indonesia sebagai negara berkembang dan memiliki banyak sekali peminat kendaraan roda dua ,berbagai produsen motor sudah menjamur diindonesia diantaranya ada kawasaki versys, 650 maupun 1000, kemudian honda, triump, BMW dan lainnya. Indonesia saat ini sebagai ladang pasar yang menguntungkan.

Dibawah ini Ada tips untuk pemula khususnnya dalam mengendarai sepeda motor desain motor yang besar dan mesin yang berkapasitas besar.

Sebelum anda membeli dan menggunakannya maka berikut ini tips dan teknik untuk pemula yang memutuskan akan membeli motor gede (moge).

  1. Memahami Karakter Motor dan menyatu Didalamnya
    Karakter motor gede, sesuai dengan istilahnya besar, maka CC nya pun besar. Pastinya lebih responsive, kencang, berat dan tentunya saat dikendarai pastinya akan lebih sulit dari pada motor bebek atau motor matic . Oleh karenanya kita harus bisa menguasai motornya, mengenali karakternya, dan mampu membawanya dengan maksimal. Semakin kita kencang semakin kita harus fokus dan Kosentrasi Tinggi,  kapasitas mesin motor yang besar dan juga top speed yang tinggi membutuhkan konsentrasi yang tinggi . Sebelum anda touring jauh pastikan anda mampu dan menguasai mengendarainya untuk jarak dekat dahulu. Kuasai karakter saat berbelok, ketahui jarak pengeremannya, dan biasakan dengan riding positionnya.
  2. Jangan mengendarai lebih dari kemampuan anda. Ini penting, kadang kita gengsi dengan teman, kadang saat teman kencang dan kitapun ingin kencang, padahal kemampuan setiap rider berbeda, baik kemampuan mengendaranya dan kemampuan fisiknya. Orang yang bobotnya besar cenderung ngantukan, orang yang bobotnya kecil kalau minum yang beralkohol gampang mabuk dan gampang masuk angin karena dagingnya tipis hehehe. Banyak pula yang pulang kantor langsung ngegas, sementara sebagian teman mungkin sudah istirahat. Saat kita riding bareng tentunya ada yang kondisi prima ada pula yang cape. Akibatnya bisa saja dalam perjalanan anda tiba tiba blank, nah kalau motor ngeblank cuma satu dua detik bisa berakibat fatal. Oleh karena itu kalau ada yang kencang biarin aja didepan, toh pasti mereka bisa menunggu kita di depan. Atau kita pake system yang bisa memantau keberadaan teman. Saat ini ada beberapa system yng bisa dipantau untuk memantau keberadaan rider misalnya life360,   Sygic dan lainnya
  3. Safety Gear
    Motor besar biasanya sudah dilengkapi dengan safety  feature seperti misalnya di kawasaki versys ada ABS, kemudian ada traction kontrol, bahkan dibeberapa model kawasaki sudah menggunakan system KTRC (Kawasaki Traction Control System) (Type ZX /ZX14R dan ZZR1400 ) dimana ada 3 system Traction kontrol, untuk mode 1 dan 2 untuk menjaga traksi yan maksimum saat nikung, sedangkan mode 3 untuk menurunkan power apabila ada gejala spin di roda anda.   Walaupun kendaraan motor sudah di lengkapi dengan sistem keselamatan dan fitur keamanan tentunya harus tetep menggunakan keamanan pada si pengendara agar saat di jalan lebih safety. Contoh yang harus anda gunakan saat riding moge diantaranya  gunakan selalu Helm yang mempunyai standar keamanan maksimum semisal Nolan   , Sarung Tangan yang baik, Sepatu Riding yang menutupi mata kaki, Celana Riding, Jaket Riding yang mempunyai protektor,  agar bisa mengurangi impact saat terjadi kecelakaan. Namun demikian perlu diperhatikan bahwa Motor tidak sama dengan mobil, motor mempunyai resiko lebih besar karena motor tidak dilengkapi dengan outershell atau pelindung luar, sehingga apabila terjadi sesuatu maka berdampak langsung pada badan. Beda dengan mobil yang ada bemper dan pelindung luar. Oleh karena itu kita sebagai pengendara motor harus mempunyai prinsip tidak boleh jatuh dan celaka. “”You should alive”” itu bahasa premannya.
  4. Cek Kondisi Kendaraan
    Menggunakan motor moge dengan bobot yang berat di tambah dengan kapasitas mesin yang besar tentunya harus rajin melakukan pengecekan pada motor nya, terutama pada pengereman , kalau anda melihat bahwa reservoir minyak rem keruh segera anda ganti minyak remnya,  Disamping itu pastikan apakah rem pada motor berfungsi sebagai mana mestinya. Kemudian rantai musti rajin di lumasi, suspensi bekerja dengan baik demikian pula sorot lampu. Penggunaan lampu tambahan yang tidak menyilaukan pengemudi lain boleh saja. Kemudian penggantian klakson yang lebih nyaring. Namun saya tidak setuju dengan pemasangan Strobo atau Wellen Sirene untuk meminggirkan orang.
  5. Kondisi Ban Motor yang ideal
    Saya pernah beli ban salah, akibatnya setiap hujan dan nuking ban seperti terpeleset, oleh karena itu belilah ban yang dual purpose seperti Pirelli MT 60   ,   Metzelller Enduro 3 ,  Ban motor pada motor moge sangat berperan penting,pengendara wajib mengenali karakter bannya,  daya cengkeram pengeremannya .   Suhu ban juga harus diperhatikan ,ban yang belum panas dapat menyebabkan selip jika digunakan untuk cornering,  jangan coba coba cornering saat anda mengendarai motor saat ban masih dingin. Coba anda perhatikan deh  sebelum ajang Motogp sebelum balap biasanya mereka melakukan pemanasan 1 lap dan meliuk liuk untuk memanaskan ban.
  6. Posisi berkendara
    Saya biasanya menggunakan kidney belt, kenapa ? karena kidney belt menjaga perut buncit tidak terguncang, dan posisi badan menjadi tegak, Pastinya dnegan kidney belt pinggang tidak gampang lelah. Biasanya para kroser menggunakan ini saat mereeka balap.   Kemudian posisi saat mengendari motor moge harus senyaman jangan memodifikasi moge dengan aksesoris yang berlebihan, misalnya setang di ganti lebih kecil. Pastikan jangkauan lengan anda membuat anda nyaman memegang grip stang anda.
  7. Titip Pesan dan Terakhir Berdoa lah Ini ritual paling penting. Titip pesan setiap anda melakukan perjalanan, tinggalkan jejak. Sehingga apabila terjadi sesuatu bisa di telusuri keberadaannya.  Jangan lari dari kenyataan yang sulit ditemui (kecuali kalau anda punya utang banyak). Terakhir berdoalah supaya anda selamat, diampuni dosanya dan diberikan jalan yang benar.

Safe riding brother

 

Penulis : Wijaya Kusuma Subroto

 

Please follow and like us:
0